5 Mei 2024

FESTIVAL DALANG ANAK DI YOGYAKARTA

Fisinews.com – Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan festival dalang anak dalam rangka untuk melestarikan seniman dalang agar kesenian bisa terus berkembang ditengah masyarakat.

Pertunjukan wayang yang sangat klasik dan menjadi bagian dari sebuah tradisi dan budaya dalam berbagai daerah dan suku bangsa Indonesia. Kesenian yang tumbuh dan juga berkembang dalam masyarakat, pada hakikatnya mempunyai fungsi sekaligus peranan yang sangat penting bagi masyarakanya. Karena dengan melakukan hal ini, maka kesenian tradisional tidak akan pernah terputus regenerasinya. Tak hanya itu, diadakannya festival dalang ini juga bertujuan untuk bisa memberikan motivasi, membangkitkan kreatifitas dan juga kecintaan pada generasi muda untuk bisa mencintai kebudayaan jawa khusunya seni pendalangan dimasa sekarang, sehingga bisa memunculkan dalang-dalang baru yang akan siap untuk bisa melestarikan seni pendalangan ini.

Kegiataan ini akan diselenggarakan pada 6-7 juni yang berlokasi di nDalem Ngebean di Kecamatan Kraton. Kouta yang diberikan pun juga sangat dibatasi, mengingat acara ini akan diadakan pada saat pandemic covid-19. Kouta peserta hanya masing-masing 10 dalang anak, mulai dari usia 8-15 tahun dan dalang remaja berusia 16-20 tahun. Pendaftaran akan menggunakan link google form atau dengan melakukam Scan QR Code di Instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Suka dengan berita kami? Bagikan berita kami sekarang :)

Facebook2k
Twitter8k
Instagram9k
WhatsApp5k
Tiktok8000