Pentingnya Daftar Pustaka

Menulis bagi sebagian orang adalah perkara mudah. Tapi, bagi sebagian lainnya, menulis sering dianggap sebagai tugas sulit. Terlebih, bila tulisan yang ingin dihasilkan adalah tulisan yang berkualitas. Seringkali, tulisan berkualitas menuntut banyak standar untuk dipenuhi.

Kriteria kualitas suatu tulisan pun ada beragam. Hal ini tergantung dari jenis tulisannya. Misalnya saja, dalam suatu karya tulis ilmiah atau akademis, ada standar tingkat plagiasi dan juga referensi yang harus dipenuhi. Referensi di sini maksudnya adalah sumber yang menjadi dasar dari konten tulisan.

Di sinilah letak pentingnya daftar pustaka dari suatu tulisan. Karya tulis yang baik idealnya menyertakan daftar pustaka yang dijadikan sebagai referensi atau rujukan dalam menulis. Kenapa? Sebab daftar pustaka ini akan menunjukkan bahwa konten tulisan yang disajikan memiliki landasan yang kuat.

Bentuk Referensi

Referensi dalam suatu tulisan dapat ditulis dengan sistem body note atau catatan perut dan juga dengan sistem footnote atau catatan kaki. Catatan perut maupun catatan kaki sama-sama sering digunakan dalam suatu karya tulis. Perbedaannya hanya terletak di cara penulisannya.

Jika catatan perut, referensi terletak menyatu di dalam kalimat yang ditulis, sedangkan pada catatan kaki referensinya diletakkan di bagian bawah halaman dengan penomoran. Kedua jenis penulisan referensi ini bermanfaat untuk mengetahui rujukan yang lebih detail terkait sumber tulisan yang disampaikan.

Para pembaca pun akan mengetahui seberapa valid atau terpercayakah referensi yang digunakan sebagai rujukan dalam tulisan. Selain itu, penulis juga dapat dengan mudah menemukan kembali sumber rujukan yang telah digunakan, ketika hendak mengkonfirmasi atau mungkin membenahi tulisannya.

Daftar pustaka sebagai referensi

Nah, lantas apa kaitannya referensi yang telah dituliskan ini dengan daftar pustaka? Daftar pustaka menjadi bagian yang merangkum seluruh rujukan yang telah digunakan secara langsung dalam tulisan. Jadi, apa pun yang sudah dituliskan sebagai referensi di bodynote maupun footnote, harus dituliskan ulang di daftar pustaka atau yang terkadang juga disebut sebagai daftar referensi.

Daftar pustaka dapat memudahkan pembaca mengetahui seberapa mendalam uraian dan analisis yang disajikan dalam tulisan. Sebab, pembaca bisa menilai referensi yang digunakan. Apakah referensi yang diambil tersebut merupakan sumber yang cukup terpercaya atau tidak.

Biasanya, daftar pustaka dari sumber data primer dianggap lebih valid dan mencerminkan kebenaran. Sumber data primer ini maksudnya adalah pihak yang terkait langsung sebagai penyampai informasi. Daftar pustaka dari buku, majalah, media massa, laporan, jurnal dan media cetak lainnya biasanya dianggap lebih terpercaya daripada yang diambil dari media online

Meski demikian, bukan berarti media online tidak bisa menjadi sumber rujukan yang terpercaya. Apalagi, saat ini banyak jurnal yang juga disajikan secara online. Jadi, jurnal online pun bisa menjadi pengisi daftar pustaka yang cukup terpercaya.

Selain itu, daftar pustaka dari media online yang terpercaya dan bersifat korporasi juga dianggap lebih meyakinkan, daripada media online yang bersifat pribadi, seperti dengan ekstensi blogspot, wordpress dan sejenisnya. Ini lantaran media online yang bersifat korporasi atau dengan ekstensi domain berbayar dianggap lebih mampu dipertanggungjawabkan.

Selain itu, pentingnya daftar pustaka juga sebagai bentuk penghargaan penulis terhadap penulis lain, yang karya tulisnya dijadikan sebagai rujukan. Jadi, jika kita merujuk ke karya tulis orang lain, akan lebih etis jika kita menyatakan bahwa memang kita mengambil ide mereka sebagai landasan tulisan kita.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa kita hanya mengambil ide atau landasan informasinya saja, tapi tidak boleh melakukan plagiat. Meski kita sudah menuliskan daftar pustaka, tulisan yang kita ambil, jika itu bukan berupa kutipan, harus digubah dengan bahasa kita sendiri, atau dilakukan paraphrase.

Jadi, sudah paham bukan, apa saja pentingnya daftar pustaka, terutama bagi suatu karya tulis ilmiah? Bahkan, daftar pustaka juga dibutuhkan bagi karya tulis populer, seperti artikel ulasan dan jenis teks lainnya, yang menyertakan data dan menyertakan sumber data.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *