Fisinews

Unfolding The Truth

YUK KETAHUI CARA MEMBUAT FOTO LIGHT TRAIL

Sumber : www.wallpaperflare.com/

Fisinews.com – Pernah kan kalian sekilas melihat foto di sosial media atau di internet yang berupa lampu yang mengekor di jalan raya pada malam hari? Bagus sekali kan? Foto tersebut dinamakan LIGHT TRAILS atau jejak lampu dalam Bahasa Indonesia. Light Trail adalah foto yang objeknya menggunakan lampu kendaraan yang berjalan pada malam hari. Menariknya membuat foto light trail itu bisa dibilang cukup mudah untuk dipraktekkan loh, Berikut alat alat yang dibutuhkan untuk membuat light trail adalah kamera DSLR, Tripod, dan Lensa Kit / Lainnya.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Lalu bagaimana cara mengambil foto trail Light ? berikut adalah cara cara mengambil foto trail light :

  • Yang pertama yaitu gunakan mode manual pada kamera, agar bisa mengatur exposure atau pencahayaan agar tidak terlalu berlebihan. Jika kamu menggunakan mode auto maka kamu tidak bisa mengatur exposure dll, jadi secara otomatis settingan sudah auto dari kamera.
  • Kemudian mengatur shutter speed pada kamera, untuk bisa menghasilkan foto light trail yang bagus dan berhasil makan settingan untuk shutter speednya dibuat lama agar peluang mendapatkan foto light trail yang bagus besar. Nah, jika kamu menggunakan shutterspeed yang lama otomatis kamera jangan goyang sedikitpun karena itu akan menyebabkan shake pada kamera sehingg hasil foto akan menjadi blur. Sehingga untuk membuat foto light trail dibutuhkan tripod agar tetap stabil saat pengambilan foto.
  • Ketiga yaitu atur tingkat ISO ke angka yang terendah. Nah kenapa kita harus pakai iso yang rendah? Agar pencahayaan foto yang dihasilkan bisa terfokus kepada kendaraan yang melintas dan dan meminimalisir terjadinya noise pada foto.
  • Untuk pengambilan foto jika tidak punya remote shutter bisa menggunakan timer.
  • Eits, Kamu jangan pakai flash ya kalau mau membuat foto light trail, akan membuat foto tidak sempurna dan bisa terlihat lebih natural.

Gimana ? Mudah bukan untuk di praktekkan? Yuk sekalian belajar sekalian mencoba. Selamat Mencoba, sobat  Foto.

(Sandi Setiawan/Agnes Devira)

%d blogger menyukai ini: