Fisinews

Unfolding The Truth

PEMILU DILAKSANAKAN SERENTAK 2O24

Sumber : BeritaSatu.com

Fisinews.comKomisi II DPR RI , menyebut kemungkinan besar pelaksanaan Pemilu 2024 akan digelar pada 21 Februari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya memang sempat mengusulkan tanggal tersebut untuk pemilu serentak.

Anggota Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin menilai jika ambang batas mengajukan calon presiden digunakan pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, maka pelaksanaannya seharusnya dilakukan setelah Pemilu Leigslatif (Pileg) dan setiap partai sudah mengetahui perolehan suara dan kursi di DPR yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jadi kemungkinannya pemilu serentak di tanggal 21 Februari, yang biasanya April kita tarik ke Februari atau awal Maret,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa di Gedung DPR RI

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya akan menghadapi dua tantangan dalam proses Pemilu Serentak Tahun 2024. Adapun dua tantangan itu, menurut Pramono adalah beban kerja yang sangat besar dan ancaman pandemiCovid-19.

Pemerintah dan DPR sebelumnya sepakat jika pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg), dan pemilihan kepala daerah (pilkada) digelar bersamaan pada 2024. Namun waktu pelaksanaan keduanya tidak akan dilaksanakan bersamaan dengan pilkada. Menurut Saan, DPR dan pemerintah memiliki opsi agar pilkada serentak dilaksanakan pada 20 November 2024. “Supaya tahapan pemilu serentaknya, pileg pilpresnya selesai dulu, baru kita masuk ke tahapan pilkada”. 

(Muthia Rachmawati/Aryo Paramartha)

%d blogger menyukai ini: