Fisinews

Unfolding The Truth

PELUNCURAN PROGRAM LITERASI DIGITAL NASIONAL

Sumber : google.com

Fisinews.com, Surakarta – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital Indonesia bertema “Indonesia Makin Cakap Digital” di Basket Hall, Jakarta pada kamis 20 Mei 2021.

Peluncuran program tersebut akan menandai pelaksanaan kelas literasi digital secara simultan di 34 provinsi dan 514 kabupaten kota.

Tujuan penyelenggaraan program literasi digital untuk membekali masyarakat dalam berinteraksi di ruang digital baik dari segi etika, kemampuan, keamanan dan budaya digital.

Literasi Digital sendiri berarti kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan, dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kehidupan ekonomi dan sosial (Sumber: Unesco).

Untuk pelaksanaannya, dilaksanakan secara offline di Istora Senayan dan diikuti secara online oleh masyarakat dengan bantuan platform Zoom Meeting. Adapun materi kelas literasi digital juga didasarkan pada 4 pilar utama yakni:

1. Etis Bermedia Digital

2. Aman Bermedia Digital

3. Cakap Bermedia Digital

4. Budaya Bermedia Digital

Kelas pelatihan literasi digital terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat secara gratis sepanjang tahun ini hingga tahun berikutnya. Kelas digital ini diharapkan bisa membantu masyarakat mengembangkan kecakapan digital di tingkat dasar.

Dengan adanya program ini, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan sisi positif dari internet untuk aktivitas sehari-hari. Dan juga, dengan adanya literasi digital, masyarakat diharapkan dapat meminimalisasi dampak negatif dari internet.

(Thalia I/Astrid FP)

%d blogger menyukai ini: