Fisinews

Unfolding The Truth

MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI

Sumber : namae.com

Fisinews.com – Kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat adalah makanan yang bebas bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Contoh bahan berbahaya bagi makanan, misalnya pewarna, pengawet, dan pemanis buatan. Makanan bergizi adalah makanan yang memenuhi kebutuhan gizi kita. Makanan bergizi tidak harus mahal. Hal yang penting adalah makanan tersebut harus mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Makanan sehat dan bergizi akan bermanfaat bagi tubuh kita jika dikonsumsi dengan aturan yang benar. Makanan sehat dan bergizi yang dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan gizi. Oleh karena itu, perlu pengaturan dalam mengkonsumsinya, yaitu dengan istilah gizi seimbang. Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Di Indonesia, gizi seimbang digambarkan dalam bentuk tumpeng gizi seimbang. Gizi seimbang merupakan penyempurnaan empat sehat lima sempurna. Berikut ini adalah tahapan piramidanya ;

  • Pada tingkat pertama atau tingkat dasar dalam piramida makanan adalah menjaga berat badan dan rutin berolahraga.
  • Tingkat kedua diisi oleh air. Dalam satu hari, tubuh kita memerlukan 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air.
  • Tingkat ketiga adalah makanan-makanan yang merupakan sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, jagung, dan ubi. Makanan-makanan tersebut biasa disebut dengan makanan pokok yang biasa dikonsumsi 3-8 porsi sehari.
  • Tingkat keempat adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral. Sayur-sayuran sebaiknya dikonsumsi 3-5 porsi, sedangkan buah-buahan dapat dikonsumsi 2-3 porsi sehari.
  • Tingkat kelima adalah makanan-makanan yang merupakan sumber protein, baik protein nabati maupun protein hewani. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan seperti kacang-kacangan dan makanan olahannya (tahu dan tempe). Sementara itu, protein hewani didapat dari hewan, misalnya daging sapi, ikan, ayam, telur, dan susu. Makanan-makanan yang berprotein sebaiknya dikonsumsi 2-3 porsi setiap hari.

     Tingkat tertinggi (puncak) merupakan makanan-makanan yang harus dibatasi konsumsinya. Hal itu karena kebutuhan tubuh akan makanan-makanan tersebut rendah. Makanan-makanan tersebut diantaranya garam, gula, dan minyak. Dengan mengonsumsi makanan dengan tumpeng gizi seimbang, akan membuat tubuh kita sehat dan berat tubuh pun terjaga.

(Iin Mudmainah/Aryo Paramartha)

%d blogger menyukai ini: