Fisinews

Unfolding The Truth

KELEZATAN DARI SOTO LAMONGAN

Sumber : detik.food.com

Fisinews.com – Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Seperti masakan khas Jawa Timur lainnya, soto ini juga kaya rasa dan gurih aksennya. Biasa dijajakan di warung-warung di sekitar Jawa Timur. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut koya atau poya. Di setiap kota ada racikan soto yang unik. Seperti Soto Lamongan yang muncul dalam film ‘Aruna & Lidahnya’. Tokoh Aruna (Dian Sastrowaroyo) begitu tergiur mendengarkan diskripsi soto ini dari pasien di RS sampai akhirnya ia membuktikan kelezatan soto ini.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas berupa soto. Makanan berkuah nan segar ini memang cocok disantap kapan pun dan oleh siapa pun. Warung yang menjual soto Lamongan di Kota Solo memang tidak banyak. Namun, untuk mencarinya juga tidak terlalu sulit, Salah satu Soto Lamongan yang berada di Kota Solo bisa dijumpai di Daerah Jebres dekat dengan Universitas Sebelas Maret .

Sumber : blog.tokowahab.com

Konon jajan soto Lamongan paling enak di warung atau kedai sederhana. Ciri khasnya ada gerobak dengan racikan aneka bahan di sisi kiri. Raknya dibuat miring sehingga semua bahan terlihat. Sementara kepulan uap kaldu mendidihnya terus menerus mengepul.

Apa istimewanya soto ayam ini dibandingkan soto ayam dari daerah lain di Indonesia?

1.Memakai bumbu kuning

Kunyit menjadi ciri utama bumbu soto ini. Ditambah dengan bawang putih, kemiri, daun jeruk, serai dan daun salam kuahnya makin gurih enak. Ayam negeri atau ayam kampung tua menjadi bahan utama sehingga kaldunya sangat gurih sementara dagingnya tebal dan empuk. Setelah direbus bersama bumbu dan warnanya kekuningan ayam diangkat dan ditiriskan.

2. Isian lainnya

Selain daging ayam yang disuwir, racikan soto ini memakai bahan lain. Seperti suun yang sudah direbus, irisan kol, irisan tomat dan telor rebus.

3. Bagian ayam yang lain

Selain hati ampela, soto Lamongan biasanya bisa dipesan dengan isian uritan atau telur muda. Selain itu para pengunjung juga bisa memilih khusus kulit ayam, cakar ayam dan sayap ayam. Kalau suka juga bisa pesan tulang ayam bagian punggung atau rongkong.

4. Koya bumbu uniknya

Setelah disiram kaldu panas, soto ayam Lamongan akan ditaburi seledri cincang dan bawang goreng. Lalu ditaburi bubuk kuning keemasan yang disebut koya. Koya ini dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk halus seperti bubuk. Saat diaduk dengan kaldu, kaldu akan sedikit kental dan rasanya sangat gurih. Ini yang bikin orang ketagihan.

5. Pelengkap lainnya

Sebelum menyantap soto, tambahkan kecap manis, sambal rawit merah dan kucuran air jeruk nipis. Aduk hingga rata. Soto ayam yang gurih ini akan jadi sedikit manis, pedas dan asam. Makin enak disuap dengan nasi dan jangan ketinggalan kerupuk kanji.

(Hellen P/Alya F)

%d blogger menyukai ini: