Fisinews

Unfolding The Truth

GAYA HIDUP SEHAT SELAMA PENDEMI

Sumber : Tribunnews.com

Fisinews.com – Disaat pandemi seperti sekarang ini menerapkan gaya hidup sehat sangat dibutuhkan. Mulai dari makanan apa saja yang kita konsumsi, kegiatan yang dilakukan, dan juga di imbangi dengan olahraga untuk tetap menjaga imun tubuh seseorang. Jenis olahraga sangatlah banyak, salah satunya adalah senam. Senam merupakan olahraga yang melibatkan gerak tubuh baik kekuatan, kecepatan maupun keserasian dalam gerakan.

Senam juga ada banyak sekali macamnya, yaitu : senam artistic, senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobic sport, senam trampoline, dan senam umum. Dari banyaknya jenis senam ini pasti juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mari kita bahas manfaat dari senam untuk tubuh apa aja sih.

Beberapa manfaat senam bagi tubuh di antaranya:

  • Senam dapat meningkatkan kebugaran jasmani dengan baik mulai dari kekuatan otot, kelenturan sendi, keluwesan, maupun kelincahan dalam gerak.
  • Dari berbagai jenis senam pasti membutuhkan koordinasi yang baik maka untuk dapat menyelesaikan setiap gerakan yang sulit memerlukan latihan yang rajin agar dapat mengkoordinasi tubuh dngan baik.
  • Senam membuat tubuh menjadi fleksibel. Karena dengan seringnya kita melatih tubuh dengan gerakan senam yang sulit maka tubuh akan makin fleksibel dan gerak tubuh akan lebih leluasa.
  • Senam dapat menambah kepercayaan dalam diri seseorang. Dengan rutin melakukan senam maka produksi endorfin dapat meningkat dan akan menyebabkan seseorang merasa bahagia danjuga percayadiri, postur tubuh juga akan menjadi ideal karna seriring bertambahnya fleksibilitas tubuh.
  • Senam memiliki manfaat yang meliputi manfaat social, fisik, maupun mental. Dengan melakukan senam secara rutin maka tubuh akan lebih bugar dan juga akan memberikan kebahagiaan pada diri seseorang. Dan salah satu cara agar meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan bahagia.

Pandemi bukanlah halangan untuk berolahraga, tapi justru bisa memberikan motivasi tambahan lantaran dapat membantu meningkatkan kebugaran. Selain pilihan di atas, bisa juga berolahraga di luar rumah. Namun tentu olahraga di tengah pandemi mesti selalu memperhatikan protokol pencegahan virus corona agar tidak justru merugikan kesehatan.

(Sri Rahayu Anggarani Wijaya/Aryo Paramartha)

%d blogger menyukai ini: