Fisinews

Unfolding The Truth

EURO 2020 (EURO 2021)

Sumber : epicentrum.co.id

Fisinew.com – Berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, di Euro 2020 UEFA menambah jumlah pemain untuk masing-masing skuad peserta dari 23 menjadi 26 orang.

24 negara Eropa akan bersaing memperebutkan gelar juara di Euro 2020 yang mulai digelar pada 11 Juni mendatang. Berbeda dari edisi-edisi terdahulu, pada gelaran kali ini UEFA menambah jumlah pemain untuk masing-masing skuad menjadi 26 orang dari sebelumnya 23.

Kebijakan diambil guna mengurangi beban pemain menyusul padatnya jadwal sepakbola klub akibat pandemi COVID-19, dan sebagai langkah antisipasi apabila ada outbreak virus corona dalam salah satu tim peserta.

Saint Petersburg, Rusia, didapuk sebagai salah satu tuan rumah Euro 2020. Di kota tersebut, laga-laga Euro akan digelar di Stadion Krestovsky. Nama Krestovsky Stadium juga dikenal sebagai Gazprom Arena karena alasan sponsor. Stadion ini memiliki atap yang dapat dibuka maupun ditutup secara otomatis. Stadion ini merupakan markas dari klub peraih gelar juara Liga Rusia dalam tiga musim belakangan, Zenit Saint Petersburg.

Stadion ini dapat menampung maksimal 80 ribu penonton untuk konser, 67.800 untuk pertandingan normal, dan 64.468 untuk Piala Dunia 2018. Stadion ini disiapkan untuk Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018 di Rusia. Di Euro 2020, Krestovsky Stadium akan menjadi venue untuk enam pertandingan. Rinciannya tiga pertandingan di Grup B, tiga partai Grup E, dan satu laga di perempat final.

Bagi Anda yang akan menonton langsung pertandingan Euro 2020 di Saint Petersburg, akan rugi rasanya jika tidak sekalian mengeksplor kota tersebut. Saint Petersburg kerap disebut sebagai satu di antara kota terindah di Eropa. Saint Petersburg dulunya dikenal dengan nama Leningrad, kemudian sempat berubah lagi menjadi Petograd. Saint Petersburg merupakan kota terbesar kedua di Rusia. Terletak di sebelah Sungai Neva dekat dengan Laut Baltik, kota ini adalah rumah bagi lebih dari 5 juta orang. Ini adalah kota paling utara di dunia, yang didirikan oleh Peter Agung dan
dinamai menurut nama Santo Petrus. Dulunya rumah bagi Tsar Rusia, kini Saint Petersburg dikenal sebagai ibu kota budaya Rusia. Kini, Saint Petersburg juga didapuk jadi tuan rumah Euro 2020.

Berikut daftar skuad yang bermain di EURO 2020 (EURO 2021)

  • Grup A: Italia, Swiss, Turki, Wales
  • Grup B: Belgia, Denmark, Finlandia, Rusia
  • Grup C: Austria, Belanda, Makedonia Utara, Ukraina
  • Grup D: Kroasia, Inggris, Republik Ceko, Skotlandia
  • Grup E: Polandia, Slowakia, Spanyol, Swedia
  • Grup F: Hongaria, Jerman, Portugal, Prancis

Daftar pemain skuad tuan rumah

  • Kiper: Yuri Dyupin (Rubin), Matvei Safonov (Krasnodar), Anton Shunin (Dinamo Moskva)
  • Bek: Igor Diveev (CSKA Moskva), Georgi Dzhikiya (Spartak Moskva), Mario Fernandes (CSKA Moskva), Vyacheslav Karavaev (Zenit), Fedor Kudryashov (Antalyaspor), Andrei Semenov (Akhmat)
  • Gelandang: Dmitri Barinov (Lokomotiv Moskva), Denis Cheryshev (Valencia), Daniil Fomin (Dinamo Moskva), Aleksandr Golovin (Monaco), Daler Kuzyaev (Zenit), Andrei Mostovoy (Zenit), Maksim Mukhin (CSKA Moskva), Magomed Ozdoev (Zenit), Rifat Zhemaletdinov (Lokomotiv Moskva), Yuri Zhirkov (Zenit), Roman Zobnin (Spartak Moskva)
  • Penyerang: Artem Dzyuba (Zenit), Aleksei Ionov (Krasnodar), Denis Makarov (Rubin), Aleksei Miranchuk (Atalanta), Aleksandr Sobolev (Spartak Moskva), Anton Zabolotny (CSKA Moskva)

Euro 2020 akan dibuka dengan laga pertama Grup A antara Turki dan Italia di Olimpico, Roma, pada Jumat (11/6) malam waktu lokal atau Sabtu dini hari WIB. Turnamen terakbar Eropa ini berpuncak pada pertandingan final yang diselenggarakan di Wembley, London, 11 Juli mendatang.

(Rifky Wananda/Agnes Devira)

%d blogger menyukai ini: