Fisinews

Unfolding The Truth

ELEMEN PENTING DALAM MENGUASAI PUBLIC SPEAKING

Sumber : Canva

Fisinews.com – Saat ini, Public speaking menjelma menjadi salah satu kemampuan yang penting. Kemampuan ini dibutuhkan baik saat di bangku kuliah hingga di lingkungan kerja. Hampir semua profesi membutuhkan kemampuan public speaking. Tapi sayangnya, masih ada orang yang kurang memahami pentingnya menguasai public speaking. Padahal, keterampilan public speaking ini sangat diperlukan.

Public speaking adalah salah satu ketrampilan berkomunikasi didepan orang banyak, publik ataupun umum. Biasanya public speaking memiliki tujuan seperti menyampaikan informasi, menjelaskan, membujuk, memandu suatu acara dan lain sebagainya. Contoh public spekaing juga beragam seperti pidato, ceramah, presentasi, orasi, MC bahkan mengajar di kelas.

Komunikasi lisan, termasuk public speaking, melibatkan tiga hal yang dikenal 3V, yakni Visual, Vokal, dan Verbal. Tiga elemen ini sangat penting dalam keberhasilan dan efektivitas public speaking dan komunikasi pada umumnya.

Elemen 3V yang terkenal ini merupakan hasil studi Albert Mehrabian. Psikolog terkemuka di University of California ini mengidentifikasi efektivitas komunikasi personal sebagi berikut :

  1. Visual (Penampilan)

Visual artinya apa yang tampak dan terlihat mata. Elemen visual bekaitan dengan penampilan, mulai dari postur, gestur, hingga busana yang dikenakan. Komponen visual mempengaruhi keberhasilan public speaking sebanyak 55% atau tertinggi.

  • Vocal (Suara)

Vokal (voice atau suara) adalah suara yang dikeluarkan saat mengucapkan kata-kata. Secara bahasa, vokal artinya mengenai suara, bunyi bahasa, serta berani mengemukakan pendapat dan berani bersuara (mengkritik dan sebagainya).

Dalam komunikasi, termasuk public speaking, elemen vokal berperan sebesar 38% dalam keberhasilan public speaking. Elemen vocal berkaitan dengan intonasi, artikulasi, tempo, jeda dan smiling voice.

  • Verbal (Kata-Kata)

Verbal adalah hal yang berkaitan dengan kalimat atau kata-kata (Relating To Or In The Form Of Words). Komponen verbal memengaruhi keberhasilan public speaking sebanyak 7% saja. Elemen verbal berkaitan dengan pemilihan diksi, Bahasa yang sesuai audiens dan lugas.

Tidak ada hasil yang mengingkari usaha. Artinya, perlu adanya beberapa elemen yang dipersiapan sebelum berbicara di depan umum.Karena public speaking merupakan bentuk komunikasi, tentunya komunikasi yang efektif menjadi tujuan dari public speaking. Komunikasi efektif terjadi, apabila pesan yang disampaikan seseorang (komunikator) dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan atau audience (komunikan).

Tips-Tips Seputar Public Speaking

1. Kenali Tujuan dan Audiens dengan Baik

Saat akan melakukan public speaking, kamu pastinya memiliki sebuah tujuan dan menginginkan agar apa yang kamu sampaikan dapat diterima oleh audiens dengan baik. Oleh karenanya, sebelum menyusun materi, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi tujuanmu. Misalnya kamu ingin menyampaikan materi tentang bahaya sampah plastik ke teman-teman yang belum tahu sama sekali tentang isu ini. Jadi, kamu pun harus menyesuaikan materi dan gaya bahasamu menjadi lebih sederhana agar mereka bisa mencernanya secara mudah.

2. Susun Poin-Poin Penting yang Ingin Disampaikan

Selanjutnya, kamu bisa mulai menyusun materi yang ingin disampaikan. Mungkin ada banyak hal yang ingin kamu sampaikan, tapi karena ada durasi waktu, kamu harus menyortir materimu. Pilih poin-poin penting yang ingin disampaikan sebagai bahan panduanmu dan juga agar pembicaraanmu tidak melebar ke mana-mana. Kamu bisa membuat outline naskah public speaking-mu seperti menyusun outline untuk esai.

3. Persiapkan Alat Bantu jika Diperlukan

Jika kamu ingin dan situasinya memungkinkan, kamu juga bisa menyiapkan alat bantu seperti slides presentasi untuk menampilkan gambar atau cue card yang berisi poin-poin yang akan kamu bahas. Tapi, kamu harus tetap ingat bahwa alat bantu ini sifatnya hanya sebagai penunjang. Jangan menulis terlalu banyak kata di dalam slides presentasimu agar fokus audiens tidak terpecah antara membaca tulisan di slides atau mendengarkan presentasimu

4. Kuasai Materi dengan Berlatih Terus Menerus

Practice makes perfect. Ini dia poin terpenting agar public speaking-mu berjalan dengan lancar. Kalau kamu sudah selesai mempersiapkan materi dan alat bantu, kini adalah saatnya berlatih. Latihan tidak cukup hanya dilakukan sekali atau dua kali, tapi harus berkali-kali hingga kamu sudah benar-benar lancar. Kamu bisa meminta satu orang temanmu untuk menonton latihan ini agar ia bisa memberikanmu komentar dan saran.

5. Perhatkan Aspek Non Verbal

Latihanlah seakan-akan kamu sudah berada di atas panggung atau di depan banyak orang. Jadi, jangan hanya terpaku pada materi kamu saja, ya. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti volume suaramu, intonasi, tempo, kontak matamu dengan audiens, hingga posisi berdiri. Berlatihlah di depan cermin agar kamu bisa melihat dirimu sendiri saat sedang melakukan public speaking. Selain itu, kamu juga bisa merekam latihanmu ini sebagai bahan evaluasi diri sendiri.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Public speaking merupakan  tata cara untuk berbicara di depan umum, sehingga harus dilakukan secara runtut dan terencana. Oleh karena itu, dalam public speaking tidak hanya membutuhkan kemampuan berbicara, tetapi juga kemampuan bicara yang terstruktur dan mudah dipahami oleh audiens.

(Akbar Tri Atmojo/Aryo Paramartha)

%d blogger menyukai ini: