Fisinews

Unfolding The Truth

APAKAH LIGHT PAINTING DAPAT DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE?

Sumber : Karya David Gilliver

Fisinews.com– Sobat Fotografi, ada apalagi dengan teknik fotografi kali ini? Kita akan membahas Light painting atau melukis dengan cahaya, Nah teknik ini  merupakan salah satu cabang dari teknik fotografi. Light painting dapat dibuat dengan cara merekam jejak cahaya yang dibuat, sehingga akan membentuk suatu pola yang diinginkan. Teknik fotografi ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan shutter speed pada menu manual kamera sehingga lensa kamera akan merekam pola cahaya.

Cara membuat light painting dilakukan dengan menggunakan setting manual pada kamera smartphone. Lakukan langkah setting pada shutter speed, aperture, dan ISO sebagai berikut:

  1. Atur shutter speed dengan mode blub atau atau menggunakan 10-30 detik pada setting ini. Shutter speed ini sendiri adalah mengatur seberapa lama sensor kamera terbuka. Sehingga semakin lama sensor kamera terbuka maka sensor kamera akan semakin banyak merekam.
  2. Atur aperture di f/8-f/11, setting aperture ini berfungsi untuk menangkap cahaya pada kamera. Seberapa banyak sedikitnya cahaya yang diterima oleh sensor kamera saat mengambil gambar.
  3. Atur ISO di 100-200, ISO sendiri berfungsi mengatur sensitivitas cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Setting pada ISO berfungsi menghindari noise cahaya saat pengambilan gambar, agar kualitas foto menjadi bagus.
  4. Sebelum membuat Light Painting perlu menyiapkan beberapa alat pendukungnya antara lain tripod sebagi penyangga smartphone agar tidak berubahnposisi saat pengambilan gambar.
  5. Siapkan sumber cahaya yang akan digunakan sebagai alat untuk menggambar cahaya. Dapat menggunakan senter atau flash kamera smartphone.
  6. Jika suda dilakukan, setting pada kamera smartphone dan mempersiapkan alat-alat. Langkah selanjutnya adalah ekseskusi.

Hal penting lainnya, jika ingin membuat light painting tulisan, pembuatan harus dibuat terbalik kanan ke kiri agar tulisannya terbaca benar di hasil foto nanti. Nah, buat kalian yang mau mencoba hal-hal ini, persiapkan dan keberhasilan adalah bonus.

(Sofiana Kartikawati/Agnes Devira)

%d blogger menyukai ini: