Fisinews

Unfolding The Truth

10 HAL SEDERHANA UNTUK MENGATASI STRES

Sumber : google.com

Rutinitas yang padat dapat memicu stres. Ditambah lagi dengan kondisi ketidakpastian di tengah pandemi yang membuat kepala rasanya semakin berat. Agar kesehatan mental kita tetap terjaga, tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran. Tak perlu takut kehilangan banyak waktu, bahkan meluangkan 15 menit saja sudah cukup untuk membantu meredakan stres. Melansir WebMD, berikut pilihan aktivitas yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi stres hanya dalam 15 menit:

  • Meditasi

Ambil jeda sejenak untuk melakukan meditasi singkat. Caranya mudah. Cukup duduk tenang, tutup mata, dan fokus pada pernapasan. Ketika pikiran mulai terdistraksi dan melayang-layang, bawa kembali fokus perhatian ke napas. Setelah selesai dengan sesi ini, kita akan merasa lebih positif dan sabar, sehingga siap untuk kembali semangat beraktivitas.

  • Pergi ke luar

Anjuran di rumah saja yang diberikan oleh otoritas kesehatan selama pandemi bukan berarrti melarang kita untuk ke luar rumah untuk sekadar menikmati sinar matahari dan berolahraga. Faktanya, pergi ke luar rumah sejenak untuk membiarkan tubuh terpapar sinar matahari atau menghirup udara segar dapat memberikan suntikan energi yang luar biasa. Tak hanya itu, pergi ke luar rumah sejenak juga bisa membuat ingatan kita lebih tajam dan mengurangi kecemasan. Bahkan, jika kita tinggal di perkotaan, keluar untuk melihat-lihat pohon, bunga, dan taman saja sudah bisa memberikan energi penyemangat. Agar memberikan manfaat lebih, kita bisa pergi ke luar sekalian berolahraga ringan, seperti jalan kaki atau jogging.

  • Tertawa

Sedikit waktu luang kita juga bisa dimanfaatkan untuk menonton video lucu, membaca buku jenaka, atau aktivitas lain yang membuat kita tertawa. Tertawa bisa membantu mengangkat suasana hati serta menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot. Aktivitas sederhana ini bisa membuat otak melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan membuat otot-otot tubuh rileks.

  • Bersyukur

 Ini terdengar sebagai aktivitas yang sangat sederhana, namun pada praktiknya tidak selalu mudah untuk dilakukan. Kita bisa menyiapkan pena dan kertas untuk menuliskan apa saja hal-hal yang perlu disyukuri hari itu. Mulai dari relasi dengan pasangan atau keluarga, capaian yang berhasil diraih hari itu, hingga hal-hal positif dalam hidup, baik itu besar atau kecil. Rutin melakukan ini akan membuat suasana hati kita lebih baik dan tidak rentan mengalami stres.

  • Mendengarkan musik

Memutar beberapa lagu favorit akan membantu kita untuk lebih rileks dan meningkatkan suasana hati. Menurut penelitian, mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Bergerak dan menari juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menikmati musik favorit.

  • Terhubung dengan orang lain

Ketika memiliki sedikit waktu senggang, luangkanlah waktu untuk sekadar menyapa teman, menanyakan kabar keluarga yang tinggal berjauhan, atau sekadar berkomentar di unggahan media sosial kerabat. Menjaga keterhubungan dengan orang lain dapat membantu membangun hubungan sosial sekaligus memberikan dukungan buat diri sendiri. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa hubungan yang lebih baik denga orang-orang terdekat akan membuat seseorang merasa lebih bahagia.

  • Ngemil

Makan camilan favorit juga bisa jadi cara sederhana untuk melepas stres. Tapi ingat, pastikan camilan yang dikonsumsi tetap sehat dan sederhana, ya. Kita bisa ngemil makanan seperti buah-buahan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, untuk menjaga kekebalan tubuh. Camilan sehat lainnya adalah kacang, seperti walnut atau almond, yang kaya akan asam lemak omega-3 untuk membantu mengurangi hormon stres. Jika perut terasa lapar, ngemil gandum utuh, seperti sereal atau roti gandum bisa membantu mengisi perut sekaligus merangsang otak memproduksi lebih banyak serotonin untuk meningkatkan suasana hati.

  • Peregangan

Jika tidak punya cukup waktu untuk berolahraga ke luar rumah, melakukan peregangan leher, bahu, punggung bawah, paha, dan pinggul juga menjadi aktivitas sederhana yang bisa membantu mengatasi stres. Cobalah melakukan gerakan yoga sederhana, seperti downward dog, mountain pose, atau cat-cow. Melakukan peregangan dapat menurunkan stres dan memperlancar peredaran darah ke otot. Memeluk orang tercinta

Menurut penelitian, memeluk orang tercinta juga bisa membantu melepas stres. Penelitian lainnya menemukan bahwa berpelukan juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Namun, di masa pandemi, hal ini mungkin hanya bisa dilakukan jika kita tinggal bersama pasangan atau keluarga.

  • Memeluk orang tercinta

Menurut penelitian, memeluk orang tercinta juga bisa membantu melepas stres. Penelitian lainnya menemukan bahwa berpelukan juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Namun, di masa pandemi, hal ini mungkin hanya bisa dilakukan jika kita tinggal bersama pasangan atau keluarga.

  • Menyemangati diri

Cobalah mempraktikkan positive self-talk alias berbicara positif dengan diri sendiri. Hal ini dapat membantu menangkal pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam kepala. Jika khawatir dengan kesalahan yang baru saja dibuat, misalnya, cobalah mengatakan kepada diri sendiri bahwa semua orang melakukan kesalahan dan kesalahan bisa diperbaiki. Ucapkan beberapa “mantra” untuk diri sendiri dengan lantang. Ini akan membantu menyegarkan pikiran sekaligus meredakan stres.

(Rahma Dita/Aryo Paramartha)

%d blogger menyukai ini: