WAKTU GANTI OLI YANG TEPAT

Sahabat otomotif tentunya sudah tidak asing dengan mengganti oli secara rutin. Yaa pergantian oli memang harus selalu dilakukan dengan rutin dengan waktu yang telah ditentukan. Tak jarang juga banyak pengendara yang mengabaikan hal penting ini seperti contoh banyak kasus perempuan yang menggunakan sepeda motor matic yang sampai kehabisan oli dan mengakibatkan mesin ambrol. Tentunya kita sebagai sahabat otomotif harus memberikan sebuah informasi dengan bagaimana cara dan waktu yang tepat ketika kendaraan kita khususnya motor harus diganti olinya.

  1. Oli sudah berwarna hitam dan encer

Biasanya oli yang baru itu berwarna coklat ataupun biru dan tidak berwarna hitam pekat. Oli bisa berubah warna dikarenakan adanya proses pembakaran di dalam mesin dan sudah terkontaminasi dengan zat bekas pembakaran. Dengan ciri ini sebaiknya kita harus segera mengganti oli, karena oli sudah tidak bisa melumasi bagian mesin dengan sempurna

  • Kurangnya volum oli

Kapasitas oli berkapasitas di bawah 1 liter. Tapi dalam berbagai macam pemakaian pastinya oli akan terus berkurang karena oli dalam mesin terbakar dan lama kelamaan akan berkurang. Bisa dilihat dari batas yang ditentukan, bila sudah berkurang lebih baik segera mengganti oli.

  • Suhu mesin terasa tinggi.

Kondisi mesin yang panas bisa diakibatkan oli sudah semakin berkurang dan fisik oli sudah memburuk. Biasanya juga bisa dirasakan disekitar kaki yang semakin panas ketika di pakai. Jika diteruskan makan akan membuat mesin menjadi overheat.

  • Suara mesin yang panas

Ciri terkahir bisa didengar ketika mesin menjadi lebih kasar dari biasanya. Kualitas oli yang turun akan menyebabkan kurangnya pelumasan terhadap gear transmisi ataupun gerak gear lainnya  Hal ini yang menimbulkan suara yang kasar pada mesin.

Sebagai patokan untuk mengganti oli, biasanya diganti pada saat kilometer motor mencapai 3000-5000. Jadi ketika sudah mencapai titik tersebut maka diharuskan untuk mengganti oli. Hal lain untuk jadi patokan biasanya oli diganti setiap satu atau dua bulan sekali. Jika hal itu diteruskan maka akan berakibat fatal pada mesin dan biasanya mesin yang sudah ambrol kedepannya sudah tidak bisa normal seperti biasa lagi.

Itulah tadi beberapa ciri pergantian oli yang rutin untuk para sahabat otomotif.

Reporter : Adi

Redaktur : Muhammad Arif N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.