TIPS SEBELUM MEMBELI ATAU MERAKIT SEBUAH KOMPUTER  

Fisinews.com – Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akan komputer semakin tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah beberapa pekerjaan dan juga pendidikan dilakukan secara online serta membutuhkan perangkat komputer untuk melakukan kegiatan tersebut. Karena hal itu juga banyak sekali orang yang ingin memiliki sebuah komputer tetapi tidak tahu apa yang harus mereka lakukan terlebih dulu.


Bagi kalian yang masih bingung buat bagamana merakit komputer, Berikut beberapa tips buat kalian sebelum merakit sebuah komputer.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus anda pahami adalah, sesuaikan komputer yang ingin anda rakit dengan kebutuhan anda. Karena hal ini akan mempengaruhi beberapa hal, salah satunya harga komponen. Jika kebutuhan anda hanya untuk mengerjakan pekerjaan ringan maka budget yang anda keluarkan akan lebih sedikit.

  • Mengenal komponen komputer

Bagi kalian yang ingin merakit komputer, anda harus tahu komponen yang anda pakai. Karena komponen ini lah yang akan mempengaruhi kinerja komputer anda

Kemudian jika anda ingin merakit komputer anda sendiri berikut beberapa tips untuk anda :

  1. Teliti dalam memilih komponen.

Dalam merakit komputer, pemilihan komponen komputer merupakan hal terpenting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan komponen komputer adalah

  1. Hindari merk merk yang tidak jelas
    1. Pilihlah komponen komputer dengan garansi yang panjang
    1. Jika anda menggunakan komponen second, maka perhatikan kualitas komponen tersebut karena rawan akan kerusakan. Lebih aman jika anda memakai komponen baru.
    1. Perhatikan harga komponen. Biasanya komponen komputer dengan seri tinggi memiliki harga yang tinggi. Sesuaikan budget dengan kebutuhan anda
    1. Jika anda ingin merakit komputer secara bertahap, anda bisa membeli komponen komponen utama terlebih dahulu, seperti VGA, Processor, Motherboard atau PSU.

Tips terakhir adalah, jika anda masih merasa bingung dan ingin mengambil langkah instan anda bisa menggunakan jasa rakit komputer dan anda hanya tinggal membayarnya saja. Tetapi anda harus sangat teliti dalam memilih toko komputer. Beberapa masalah yang terjadi jika anda salah memilih toko adalah, anda akan mendapat barang atau sebuah komputer dengan spesifikasi rendah tetapi dengan harga yang tidak seharusnya. Maka dari itu jika ingin menggunakan jasa toko sebaiknya anda juga paham barang yang anda beli. Atau anda bisa menggunakan jasa teman anda yang paham tentang merakit komputer.

Reporter : Herdi

Redaktur : Muhammad Arief N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.