Tarif Listrik Akan Naik, Untuk Pelanggan diatas 3000 VA

Pemerintah akan kembali menaikkan tarif listrik khusus bagi pelanggan listrik 3000 volt ampere (VA). Sri Mulyani sebelumnya sudah memberi tahu tentang adanya kenaikan tarif listrik pengguna diatas 3000 VA pada rapat Banggar di hari Kamis (19/5/2022).

Rencana kenaikan tarif listrik ini dilakukan sebagai langkah berbagi beban antara kelompok rumah tangga mampu, badan usaha, dan pemerintah. Sri Mulyani menyampaikan jika rencana kenaikan listrik untuk pelanggan diatas 3.000 VA sudah disetujui Presiden Jokowi.

Dengan demikian, dampak kenaikan harga minyak (ICP) terhadap penyediaan energi nasional tidak semuanya dibebankan kepada Anggaran dan Belanja Negara (APBN). Sri Mulyani menyampaikan bahwa kenaikan subsidi listrik yaitu sebagai dampak dari kenaikan harga ICP, sehingga tidak ada kenaikan listrik untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pada tahun 2022, akan terdapat tambahan subsidi listrik sebesar Rp3,2 triliun dari Rp56,5 triliun menjadi Rp59,6 triliun.

Sri Mulyani juga menuturkan akan terdapat pula kompensasi listrik yang akan diberikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp21,4 triliun pada tahun ini yang sudah memperhitungkan adanya kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 VA keatas. Kenaikan tarif listrik ini bertujuan untuk keadilan dan melindungi masyarakat kalangan atas hingga kalangan bawah.

Redaktur : C.annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.