Kelebihan Ban Tubeless Dibandingkan dengan Ban Biasa

Kelebihan Ban Tubeless Dibandingkan dengan Ban Biasa

Fisinews.com – Dalam dunia otomotif, roda dan ban adalah bagian yang tidak mungkin dilupakan. Dimana bila diibaratkan manusia, roda adalah kaki, sementara ban adalah alas kaki yang menjadi tumpuan utama kendaraan ketika berjalan. Ban pada kendaraan juga perlu diperhatikan kualitasnya, karena bila ada kerusakan pada bagian ban dan tidak diperhatikan oleh pengguna kendaraan maka dapat menganggu kenyamanan berkendara bahkan bisa berpotensi mengalami kecelakaan.

Pada umumnya, ban terdiri dari dua jenis yaitu ban biasa (tube) dan ban tubeless. Walau sekilas tidak terdapat perbedaan yang signifikan, namun kedua jenis ban ini memiliki karakteristik yang berbeda. Ban tubeless adalah jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam, sepertinya namanya tube (tabung) dan less (tanpa), sedangkan ban biasa atau tube adalah ban yang menggunakan ban dalam. Ban tubeless lebih diunggulkan kualitasnya daripada ban tube atau ban biasa walaupun secara harga, ban tubeless sedikit lebih mahal, namun seperti semestinya harga juga membawa rupa.

Ban tubeless dirancang tanpa ban dalam, sebagai gantinya ban tubeless memiliki inner-liner yang menahan udara didalam ban. Dinding ban tubeless lebih solid karena sudah membentuk satu paket lapisan pada ban tubeless. Ini akan menguntungkan pengendara jika suatu saat ban kendaraan tertancap benda tajam, kendaraan tetap bisa berjalan sembari mencari tempat penambalan ban dan tidak perlu mendorong kendaraan. Karena walaupun mengalami kebocoran, udara dalam ban tidak mudah keluar karena solidnya lapisan ban tubeless.

Penambalan ban tubeless pun sangat singkat, yaitu hanya perlu alat tambal ban tubeless yang berbentuk seperti obeng yang berguna untuk memasukkan karet khusus penambal ban tubeless. Caranya adalah dengan mengaitkan karet yang berbentuk panjang ke obeng tambal tersebut lalu setelah itu menancapkannya pada bagian titik ban yang bocor. Setelah karet masuk ke dalam ban, lalu obeng tambalan tesebut diputar dan ditarik keluar agar kaitannya lepas dan karet penambal bisa menempel pada titik bocor ban. Cukup singkat bukan? Berbeda dengan ban biasa yang proses penambalannya memakan waktu yang cukup lama.

Adapun kelebihan ban tubeless adalah sebagai berikut :

  1. Lebih praktis karena tidak menggunakan ban dalam.
  2. Konstruksi lapisan ban lebih solid.
  3. Daya tahan ban tubeless lebih lama dibandingkan ban biasa.
  4. Lebih nyaman untuk berkendara terutama saat menikung karena bentuknya.
  5. Tidak langsung kempes ketika tertancap benda tajam.
  6. Proses penambalan tidak memakan waktu lama.

Mungkin itu adalah beberapa keunggulan ban tubeless daripada ban biasa, dan mungkin hal tersebut juga bisa digunakan sebagai pertimbangan pemilihan ban bagi pengendara.(Bagas Putra/Shinta Milenia)