Semangat Berolahraga di Bulan Ramadhan

Jumat, 31 maret 2023 16.30 WIB
Aktivitas masyarakat berolahraga saat puasa di Karanganyar, jawa tengah pada Jumat (31/03).
(Foto : Sanjaya Dharma Anorasa)

Puasa sebulan penuh selama bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat muslim. Di Indonesia, puasa dilakukan selama kurang lebih 13 jam. Dalam kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sama sekali.

Banyak orang merasa enggan untuk melakukan olahraga saat berpuasa, karena takut lemas dan jadi batal puasa. Padahal olahraga saat puasa membuat tubuh jadi lemas hanyalah mitos belaka. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, justru kebiasaan ini akan menyehatkan tubuh.

Seperti dilakukan warga di Karanganyar, tepatnya di Lapangan DPR Karanganyar. Banyak masyarakat Karanganyar tetap bersemangat olahraga meski di bulan Ramadhan. Olahraga saat berpuasa di waktu yang tepat justru menawarkan manfaat tersendiri. Salah satunya untuk mengoptimalkan kinerja hormon dan meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

Seperti yang terjadi pada hari Jum’at, 31 Maret 2023. Dimana terlihat banyak masyarakat sedang asyik  jogging meski sedang berpuasa. Tidak hanya itu, masyarakat juga ada yang bermain sepak bola. Masyarakat juga memanfaatkan fasilitas gym gratis yang berada di dalam gedung.

Bukan hanya pemuda saja yang berolahraga di Lapangan DPR Karanganyar. Tetapi juga ada anak-anak hingga lansia pun juga ikut olahraga.

Seperti yang dikutip dalam www.indonesiabaik.co.id olahraga saat puasa sangat kaya akan manfaat apabila dilakukan dengan tepat. Berikut adalah manfaat olahraga saat puasa:

1. Berolahraga yang tepat

Olahraga yang cocok dilakukan saat puasa yakni jogging, senam, dan yoga.

2. Berolahraga diwaktu yang tepat

Waktu terbaik olahraga saat puasa yakni 30-120 menit sebelum berbuka. Dikarenakan pada fase itu perut sedang kosong kosongnya, sehingga mempercepat pembakaran lemak. Olahraga selama 30 menit sebelum berbuka sangat dianjurkan. Karena setelah olahraga, tubuh segera terisi nustrisi dan mineral saat berbuka.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh saat berbuka

Saat berbuka setelah olahraga, sebaiknya kita segera mencukupi kebutuhan untuk tubuh. Mineral menjadi kebutuhan utama untuk tubuh, lalu buah buahan yang kaya vitamin. Kita diwajibkan memakan makanan yang mengandung karbohidrat karena untuk pengganti energi, karena seharian tidak terisi karbohidrat.

Oleh karena itu, olahraga bukanlah pantangan dalam puasa. Dengan tetap melakukan olahraga, tubuh akan merasa lebih bugar selama berpuasa. Disamping itu, juga harus bisa memahami kondisi tubuh, jika merasa lemas atau pusing, jangan memaksakan diri.

Penulis: Sanjaya Dharma Anorasa

Redaktur: Yesika Amanda Febriani

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas