CLEAN EATING: MENIKMATI MAKANAN SEGAR DAN SEHAT UNTUK GAYA HIDUP YANG LEBIH BAIK!

Di zaman sekarang , banyak orang yang memprioritaskan kesehatannya di atas segalanya. Salah satu dari cara -cara utama untuk mencapai kesehatan yang lebih baik adalah melalui nutrisi. kesehatan yang lebih baik adalah melalui nutrisi. Makan bersih yang mendorong konsumsi makanan sehat, pola makan bersih erat kaitannya dengan lifestyle atau gaya hidup.

Gaya hidup tidak hanya melibatkan keputusan diet dan keputusan mengenai pola makan tetapi juga dedikasi umum untuk hidup seimbang dengan tubuh serta lingkungan. Clean eating kini tengah populer, dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta alami dapat mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih sehat. Dengan mengenal clean eating ini, seseorang yang awalnya gemar mengonsumsi junk food sekarang mulai perlahan mencoba melakukan perubahan gaya hidupnya dengan clean eating.

Clean eating adalah makan bersih. Dalam artian bukan makan sampai bersih, tetapi makan bebas 4P yaitu tanpa penyedap, tanpa pengawet, tanpa penambah rasa, serta tanpa pewarna tambahan.
Dr. Diana F Suganda SpGK juga mengatakan clean eating itu adalah pola makan sehat dengan cara mengonsumsi berbagai makanan alami yang belum mengalami proses pengolahan dan pengawetan.

Jadi clean eating itu sendiri adalah makan makanan yang utuh tanpa proses yang banyak sampai gizi dan nutrisinya hilang begitu saja serta rasa alami dari makanan itupun ikut menghilang. Clean eating ini termasuk pola makan yang sebenarnya bisa membuat seseorang jadi lebih mengenal dirinya sendiri. Karena ketidak sadaran seseorang memasukan makanan apa saja ke dalam badan, tapi ketika seseorang telah memasuki atau tau clean eating orang itu sadar dan akan memilah-milah apa yang akan merekan makan dan kandungan apa saja di dalam makanan tersebut. Dari situ membantu seseorang dalam menjaga pola makan serta mengenal diri sendiri.

Berbicara secara umum, pola makan clean eating mengurangi jumlah makanan olahan yang dikonsumsi seperti makanan cepat saji, junk food, serra meningkatkan konsumsi makanan utuh seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu tanpa gula.

Adapun penerapan gaya hidup pada pola makan clean eating, untuk memulainya hari dengan sarapan yang rendah lemak dan kaya nutrisi seperti oatmeal dan buah-buahan, menjelang siang dan malam pilih makanan dengan protein yang rendah lemak yaitu nasi merah, sayur-sayuran, daging atau ikan, serta boleh menambahkan biji-bijian sebagai serat.

Daging disini boleh dikonsumsi dengan syarat daging segar dan langsung dimasak, bukan makanan kemasan atau pengganti cepat saji karena sudah menghasilkan berbagai macam pengolahan. Dan untuk snacknya yaitu buah-buahan segar.

Hindari minuman yang mengandung banyak gula, suplemen mineral terbaik untuk menyehatkan tubuh adalah teh herbal tanpa tambahan gula atau air putih.

Menerapkan gaya hidup dengan pola makan clean eating tentu saja ada manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai dari pencegahan penyakit, mengonsumsi makanan dengan pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu mencegah berbagai hal, dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan keratitis.

Untuk pengendalian berat badan, clean eating dapat membantu mengatasi berat badan dengan membatasi tinggi lemak dan rendah gula. Serta dapat meningkatkan energi, makanan alami yang bertujuan apabila nutrisi dapat memberikan energi yang lebih baik selama 24 jam.

Penerapan pola makan clean eating dapat dikaitkan dengan fakta bahwa banyak orang masih menghadapi hambatan besar dalam mengakses pilihan makanan yang terjangkau dan menyehatkan. Gaya hidup seperti ini juga mendapat kecaman karena mendorong tren pola makan yang buruk, bersikap elitis, dan membuat klaim medis yang berlebihan.

Tantangan yang ada, semakin banyak pelanggan yang mencari produk dan pilihan gaya hidup yang lebih bersih, alami, seiring dengan semakin maraknya tren makan sehat.

Kesimpulannya, clean eating adalah pilihan gaya hidup yang mencakup gaya varietas yang mencakup berbagai aktivitas yang ditujukan untuk menopang tubuh, pikiran, dan jiwa. Ini bukan hanya tentang pola makan. Ini tentang mengenali tubuh kita tubuh dan lingkungan sekitar kita, dan ini tentang membuat keputusan yang berkontribusi terhadap tujuan kita untuk menciptakan dunia yang lebih sehat dan alami, lingkungan sekitar kita, dan ini tentang pengambilan keputusan yang berkontribusi pada tujuan kita untuk menciptakan dunia yang lebih sehat dan alami.

 

Redaktur : Sofyan Ilyas Prasetyo
Reporter : Renita Apriliasari

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas