GAYA HIDUP SEHAT DENGAN POLA MAKAN YANG TERATUR!!!

Halo teman Sehat! Apakah kalian udah menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian? Menjaga kesehatan itu adalah hal penting karena memiliki tubuh yang sehat dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari.

Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang berpegang pada prinsip menjaga kesehatan. Menjalani pola hidup sehat merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ibarat orang dalam perjalanan dan menemukan persimpangan jalan, satu arah merupakan jalan yang terjal bukit-bukit dan jauh sementara jalan lain mudah dan lebih dekat, tetapi macet.

Ada beberapa pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat seperti di bawah ini :

  • Pola hidup sehat
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran dan buah segar setiap hari.
  • Menghindari makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam.
  • Mengonsumsi susu atau produk dari susu setiap hari.
  • Olaharaga teratur, cukup istirahat, minum air putih air putih 1,5 – 2 liter perhari.
  • Pola hidup tidak sehat
  • Mengonsumsi makanan apa saja yang penting enak dan cepat saji.
  • Jarang mengonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran dan buah segar setiap hari (hanya kalau ingin dan ingat)
  • Lebih suka minum kopi atau teh daripada air putih.
  • Pikiran gampang stress dan mudah pusing.
  • Suka mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, gula dan garam.

Pola hidup sehat seperti diatas tentang pola hidup, Apakah kamu sudah mengikuti pola hidup yang benar atau sebaliknya? Pola makanan yang teratur itu seperti apa? Pola makan teratur yaitu dengan makan pagi atau sarapan pagi untuk membantu mengisi kembali gula darah dan memberi vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu pada hari itu. Melewati sarapan pagi, tubuh tidak memiliki energi dan otak akan kesulitan untuk fokus sepanjang hari.

Secara umum, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan di 3 kali waktu makan utama (pagi, siang dan malam) di tambah 2 waktu selingan cemilan. Nahh kapan sihh waktunya?

  1. Sarapan ( jam 05.00 – 09.00 pagi)

Sarapan berarti makan dan minum antara jam 5 dan 9 pagi. Jika setelah itu tidak ada sarapan lagi. Sarapan merupakan bagian penting dari makanan sehari-hari, karena menyediakan energi dan nutrisi untuk memulai aktivitas.

  • Selingan pagi (jam 10.00)

Sarapan dan makan siang istirahat atau sarapan yang terlambat diperlukan bagi mereka yang sarapan dari menu sebelumnya yang tidak terlalu berat. Perhatikan dialihkan di pagi hari untuk menghindari makan berlebihan di siang hari makan makanan ringan yang sehat seperti buah.

  • Makan siang (12.00-13.00 siang)

Pada siang hari, sistem pencernaan paling aktif. Makanlah makanan yang sehat dan padat nutrisi (cukup energi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral)

  • Selingan sore (jam 15.00 – 16.00)

Seperti cemilan pagi, cemilan sore dirancang untuk mencegah makan berlebihan. Secangkir teh dan biskuit bisa menjadi santapan sore hari kamu, terutama karena efek relaksasinya.

  • Makan malam (jam 19.00 – 20.00 malam), 2 jam sebelum tidur

Makan malam sebaiknya dimakan sekitar pukul 19.00 dan paling lambat pukul 20.00. sebagian besar dari kamu mungkin melawatkan makan malam atau bahkan bahkan makan sangat larut.

Nah Teman Sehat, usahakan makan malam pada waktu dan jumlah yang tepat ya!

Salah satu dampak yang mungkin kamu rasakan jika tidak makan secara tidak teratur adalah penyakit maag atau kelebihan berat badan. Tentu saja kamu ingin hal ini terjadi bukan?? Dampak dari pola makan tidak teratur lainnya dan cara membangun kebiasaan pola makan yang teratur yang baik dan sehat.

  • Akibat Pola Makan Tidak Teratur
  • Melawati sarapan

Melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Meski kamu mungkin tidak lapar, rasa lapar di pagi hari bisa membuat kamu mencari cemilan tidak sehat berkalori tinggi yang bisa menambah berat badan.

  • Makan siang dengan cepat

Makan siang terlalu cepat dapat menyebabkan mulus dan gangguan pencernaan karena kamu tidak mengunyah makanan dengan baik sehingga membutuhkan  asam lambung untuk mencernanya.

  • Ngemil sore

Makan sambil telponan, menonton TV atau membaca artikel bukanlah ide yang baik. Penting untuk memperhatikan tubuh dan rasa lapar karena makan sembarangan bisa menjadi faktor besar dalam penambahan berat badan.

  • Makan sebelum tidur

Makan terlalu banyak sebelum tidur dapat menurunkan kualitas dan lama tidur serta membuat kamu merasakan lelah keesokan harinya. Yang terbaik adalah makan dua hingga 4 jam sebelum tidur, karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan sambil berdir. Berbaring terlalu cepat setelah makan juga bisa menyebabkan mulas dan mual, karena posisi ini asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa panas di dada.

Untuk mengubah pola makan yang lebih teratur memang tidak mudah, perlu proses dan kebiasaan yang dilatih setiap harinya. Namun, dengan kamu menerapkan kebiasaan makan secara teratur tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh kamu.

Penulis : MEDY ANGGRAENI

Redaktur : YESIKA AMANDA F

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas