10 Penyebab Yang Membuat Muka Terlihat Lebih Tua, Salah Satunya Kurang Asupan Gizi

Biasanya tampilan wajah seseorang yang terlihat tua padahal usianya masih muda. Hal ini bisa terjadi karena wajah ‘boros’ kerap dikaitkan dengan pemilihan busana dan makeup. Padahal, ada beberapa kebiasaan yang terlihat biasa saja, namun ternyata hal ini dapat memicu tanda-tanda penuaan dini, seperti tidak memakai tabir surya (sunblock), konsumsi junkfood, makan minuman yang manis, dan banyak pengawetnya. Selain itu, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol pun juga dapat memicu penuaan dini.

Wajah bisa tampak lebih tua dibanding usia kita yang sebenarnya karena kulit kita yang kusam, banyak flek hitam, atau juga berkeriput. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena banyak faktor, seperti Pola tidur yang tidak teratur, Paparan sinar matahari yang berlebih, dan polusi. Biasanya penuaan dini terjadi mulai dari umur 25 tahun, namun kini sudah banyak para anak muda berumur awal 20-an (tahun) yang mengalami penuaan dini, tampak seperti berusia 30-an, hal ini tidak dapat disangkal, karena kondisi kulit semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Mulai dari elastisitas kulit hingga kandungan kolagen yang menjaga kecantikan kita. Berikut beberapa kebiasaan yang membuat muka terlihat lebih tua

1. Paparan Sinar Matahari Berlebihan
Terlalu banyak paparan sinar matahari tanpa perlindungan dapat merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik matahari. Paparan radiasi ultraviolet menimbulkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin dan sel kulit itu sendiri. Hal ini menyebabkan penuaan dini pada kulit, menjadi keriput, bintik hitam dan kanker kulit

2. Merokok
Merokok dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit, menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Kulit yang berkerut dan kendur akibat merokok bisa terjadi juga di seluruh tubuh. Salah satunya pada wajah, biasanya kerutan akan lebih terlihat di antara alis, dahi, dan di sekitar bibir. Kantong mata juga akan menjadi bengkak dan menurun serta bibir menjadi lebih tipis.

3. Kurang Air Putih
Apabila kita kurang minum air putih, kulit akan mengering, terlihat kusam, dan garis-garis halus serta kerutan perlahan mulai muncul. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih, minimal 3 liter per hari untuk orang dengan berat badan 100 kg dan 1,5 liter per hari untuk orang dengan berat badan 50 kg untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, minum air putih merupakan cara yang baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh

4. Kurang Asupan Gizi
Makanan yang tidak seimbang dan kekurangan nutrisi penting seperti antioksidan yang dapat mempercepat penuaan kulit. Kondisi kesehatan yang terjadi ketika tubuh tidak menerima nutrisi yang cukup. Padahal, tubuh membutuhkan nutrisi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Gizi buruk bisa disebabkan oleh kekurangan gizi pada tubuh yang berkepanjangan. Biasanya tubuh yang kekurangan gizi juga dapat membuat wajah terlihat lebih tua dari usianya.

5. Kurang Olahraga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga kulit tetap sehat. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat membuat kulit terlihat lebih tua. Sirkulasi darah yang lancar karena olahraga rutin akan membuat oksigen menutrisi kulit dan juga berjalan dengan lancar. Hal inilah yang akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar. Selain itu manfaat olahraga untuk kulit dan wajah apabila dilakukan dengan rutin akan mampu meningkatkan produk kolagen pada tubuh.

6. Stres Berlebihan
Stres kronis dapat menghasilkan hormon stres yang merusak kolagen dan elastin, menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan. mengalami stres berlebihan dapat menghambat fungsi otak secara maksimal. Selain itu, juga dapat menyebabkan penuaan dari dalam tubuh hingga luar, seperti kulit.

7. Kurang Merawat Kulit
Tidak menjaga kebersihan kulit dan kurangnya perawatan kulit yang tepat dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini. Selain penuaan, perubahan kulit juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, terutama pengaruh terhadap penuaan alami pada kulit. Sinar matahari merupakan penyebab terbesar kerusakan kulit karena mengandung sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan pada dasarnya berbahaya karena efeknya dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit.

8. Pola Makan Yang Salah
Banyak anak muda sekarang tidak memperdulikan pola makannya, penuaan dini terjadi tidak hanya disebabkan oleh makanan seperti gorengan, daging merah atau makanan cepat saji. Minuman yang manis juga bisa membuat wajah kita terlihat lebih tua. Minuman tinggi gula bergabung dengan protein dalam tubuh untuk membentuk produk akhir glukosa lanjutan, yang dapat merusak kadar kolagen kulit kita yang akan membuat muncul kerutan, wajah kusam, dan jerawat di wajah kita.

9. Kurang Tidur
Kurang tidur dapat membuat mata terlihat bengkak, lingkaran hitam, dan kulit terlihat kusam. Kurang tidur tidak hanya menyebabkan munculnya kantung di bawah mata, tetapi juga dapat mempercepat proses penuaan. Itu sebabnya kita perlu tidur 7-8 jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal.

10. Minum-minuman Beralkohol
Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi. Karena, alkohol memiliki sifat diuretik yang membuat kita untuk buang air kecil terus-menerus.Dehidrasi menyebabkan kulit mengering, serta mudah terbentuk kerutan aku dan lipatan. Maka tak heran jika kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Harus diingat bahwa penyebab muka boros dapat dihindari dengan perubahan gaya hidup, tidak hanya dari luar saja kita juga harus menyeimbangkan dengan makan makanan bergizi dan mengurangi makanan cepat saji.

 

 

Reporter : Hanifa Safia Fida Azizah
Redaktur : Alifia Devista R

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas