20 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?

Tanggal 20 Mei 2024 jatuh pada hari Senin. Hari ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Selain itu, masih ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa peringatan untuk 20 Mei 2024.
Hari Kebangkitan Nasional Di Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Hari yang sering disebut Harkitna ini merupakan perayaan yang memperingati perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan negara pasca penjajahan.
Merujuk pada website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tanggal 20 Mei dipilih karena bertepatan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.
Boedi Oetomo merupakan organisasi penggagas gerakan anak nasional di tanah air. Boedi Oetomo merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya non-politik. Keberadaan Boedi Oetomo tidak lepas dari beberapa tokoh seperti Dr. Cipto Mangunkusumo, Gunawan, Suraji dan R.T. Ario Tirtokusumo dan juga beberapa siswa dari STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). STOVIA sendiri merupakan lembaga pendidikan bagi pemuda adat untuk menumbuhkan semangat nasionalis. Tak lama kemudian, Ki Hadjar Dewantara dan Radjiman Wediodiningrat mengusulkan agar tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Presiden Republik Indonesia Soekarno menyetujuinya.
Hari Kebangkitan Nasional kemudian ditetapkan pada tanggal 20 Mei 1959 sebagai hari nasional. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959.

 

 

Reporter : Sindy Oktavina Fauziah
Redaktur : Sofyan Ilyas Prasetyo

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas